Saturday 13 August 2016

Formula jitu untuk memberikan " dampak" bagi audiens

Ya, benar. Seperti judulnya, tulisan ini memuat formula untuk kalian yang menekuni bidang presentasi, pidato atau public speaking bisa memberikan dampak bagi audiens. Saya mendapat formula ini dari data file Young Trainer Academy berikan dan berniat membagikannya ke kalian :). Jadi kalian tidak hanya berbicara di depan umum dan berbagi manfaat, tapi dengan formula ini insyaAllah materi yang kalian berikan bisa selalu menancap di hati para audiens.

I = P X A X K X De
I          = Impact
P         = Purpose
A         = Audience
K         = Keyword
De        = Devices 


Arti dari formula di atas adalah untuk membuat dampak (Impact) dalam public speaking, kalian harus tahu kenapa kalian melakukannya (Purpose) dan nyatakan alasan di depan penonton, punya audiens (Audience), sisipkan kata kunci dalam kalian ber-public speaking (Keyword), dan gunakanlah alat bantu (Devices)

Purpose/tujuan/alasan dalam formula ini adalah kenapa kalian memberikan materi itu? Kenapa audiens harus  mendengarkan kalian berbicara? Apa keuntungan yang mereka dapat? Kalian bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini untuk diri kalian sendiri atau kalian bisa menyatakan jawaban-jawabannya di depan audiens.

Dan tentu saja, dalam public speaking berdampak kalian harus punya yang namanya penonton atau audiens.
Kemudian sisipkan kata kunci yang berhubungan dengan materi yang kalian akan berikan, bisa melakukannya dengan memberikan sebuah cerita dalam awal materi, dan dari cerita itu himbaulah audiens untuk menemukan maksud/makna yang berkaitan dengan materi public sepaking kalian.

Untuk meningkatkan performa kalian, gunakan lah alat bantu seperti proyerktor atau papan tulis agar para penonton/audiens merasa tertarik. Akan sangat membosankan bukan bagi audiens jika kalian hanya berbicara 5-20 menit tanpa melakukan apa-apa?
  



No comments:

Post a Comment