Wednesday 27 January 2016

5 Tips Praktis yang efektif dalam pembukaan presentasi






Waktu pada saat pembukaan presentasi menurut saya adalah hal yang paling krusial dan paling penting. Karena pembukaan yang menarik bisa membuat audiens memperhatikan presentasi Anda dari awal hingga akhir, meskipun pembukaan Anda hanya berlangsung selama 5 menit. Bisa dibilang pembukaan awal presentasi adalah sebuah penentu apakah audiens akan mendengarkan Anda atau tidak.


Berikut adalah tips-tips yang Anda bisa terapkan :

Tips #1 BERIKAN KEPADA AUDIENS SEBUAH CERITA
Ceritakanlah mereka sebuah cerita singkat yang dapat menangkap perhatian mereka. Buatlah ceritamu se kreatif mungkin, 60-90 detik dalam cerita juga sudah cukup. Ingat untuk selalu menyelipkan 'Key Word' yang berhubungan dengan presentasimu dalam pesan yang disampaikan dari cerita Anda.

Tips 2# GUNAKAN GAMBAR
Daripada menggunakan text pada presentasi untuk mengawalinya, gunakanlah gambar. Gambar itu bisa berupa gambar lucu atau gambar yang memiliki banyak makna.

Tips 3# GUNAKAN QUOTE YANG KUAT AKAN MAKNA NYA
Quote itu sendiri harus ada hubungannya dengan audiens dan presentasi. Gunakan quote dengan kata-kata bijak dan paling dikenal di banyak orang, usahakan menulis nama orang yang mengatakan quote itu.

Tips 4# AJUKAN PERTANYAAN TERHADAP AUDIENS
Pertanyaan ini diajukan kepada audiens untuk memberikan efek yang persuasif. Jangan mengaharapkan bahwa audiens kamu akan menjawabnya dengan keras, buat mereka menyimpan pertanyaan itu untuk mereka sendiri untuk memicu rasa penasaran dan motivasilah audiens mu untuk membuat mereka berfikir apa jawabannya.

Tips 5# LAKUKAN SESUATU YANG TIDAK TERDUGA
Untuk melakukan hal-hal yang tidak terduga tidak perlu berfikir keras tapi pikirlah secara sederhana. Anda bisa memulai dengan sulap atau drama agar audiens akan tertarik dengan bagian pembukaan presentasi Anda.

No comments:

Post a Comment