Wednesday 4 January 2017

Pemimpin Pengubah Dunia #2 -Bill Gates




" Bagus bila merayakan suatu kesuksesan, tetapi akan lebih penting untuk belajar dari kegagalan"
-Bill Gates

Bill Gates dikenal dunia sebagai "Orang yang terkaya". Bagaimana tidak, Bill adalah pendiri sekaligus bos dari perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia, Microsoft. Selain itu, dia juga telah mendirikan Bill and Melinda Gates Foundation.

Pada saat berumur 11 tahun, Bill disekolahkan di Lakeside School, sekolah yang khusus bagi laki-laki. Disanalah Bill pertama kali dipertemukan dengan dunia komputer dan teknologi. Bill pun tertarik dengan hal ini, dia mulai belajar tentang dasar-dasar pemrograman komputer dan mempelajari banyak hal tentang komputer, saking tertariknya dia berani meninggalkan pelajaran-pelajaran sekolahnya hanya untuk fokus ke dunia komputer.

Sampai kuliah pun, Bill terus mengembangkan ilmu tentang komputer. Di University Harvard tahun 1975, dia bertemu dengan Paul Allen dan mulai mengembangkan bakatnya bersama. Pada akhirnya, Bill memutuskan untuk drop out agar bisa memfokuskan diri ke microsoft.

Berkat kerja keras dan semangatnya, Bill berhasil mendirikan Microsoft Corporation dan langsung meroket menjadi jutawan. Bahkan sampai sekarang, ribuan bahkan ratusan orang penduduk bumi masih bergantung dengan perangkat lunak buatannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pada awal 2008, dia mengundurkan diri dari Microsoft dan mulai bekerja kedermawanan dengan mendirikan yayasan sosial, Bill dan Melinda Gates Foundation.

Kesuksesan Bill Gates telah menginspirasi banyak orang agar suatu hari bisa menjadi sukses dan kaya seperti dia. Bukan hanya kerja keras yang luar biasa yang membuat Bill Gates sukses tetapi kepemimpinannya dalam menuntun organisasinya juga memiliki kualitas tinggi.




1. Ikuti Passion-mu!!

Bill adalah salah satu dari banyak contoh orang-orang sukses karena dia mengikuti apa yang dia minati. Berkat minat yang besar dan kerja keras yang konsisten semenjak masih muda, dia berhasil mendirikan Microsoft Corporation. Jadi, jika kalian ingin bekerja atau ingin mengerjakan sesuatu pastikan itu adalah hal yang kalian minati dan cintai. Jika kalian hanya melakukannya untuk uang tanpa ada cinta sama sekali, performa kalian akan menunjukkannya. Tapi, jika kalian sering bekerja tentang apa yang kalian minati atau cintai kalian akan lebih dekat dengan kesuksesan dalam bekerja.

2. Kerja keras yang konsisten

Salah satu alasan kesuksesan Bill Gates sebagai pemimpin Microsoft Corporation adalah pengalaman dan ilmu pengetahuan yang sudah dia kembangkan semenjak masih SMP. Sejak muda sudah sering bekerja keras dalam minatnya, sampai dia drop out dari kuliahnya. Ini menunjukkan betapa besar cintanya dan kerja kerasnya. Tidak ada yang namanya kesuksesan dalam satu malam, bahkan orang terkaya pun harus bekerja keras dalam waktu yang lama.

3. Peduli terhadap sesama

Bill dan Melinda Gates Foundation merupakan bentuk manifestasi dari kepedulian Bill terhadap  orang-orang. Yayasan ini telah membantu dan merubah banyak orang termasuk orang dewasa dan anak-anak di dunia. Ini adalah bentuk empati dari seorang pemimpin sejati, dia tidak hanya bekerja untuk tujuannya sendiri, tetapi dia juga bekerja untuk membuat perubahan ke orang-orang, membantu mereka berkembang.

4. Memiliki visi

Ini adalah salah satu nilai yang esensial dari pemimpin yang berkualitas. Dan tanpa diragukan lagi, Bill adalah seorang pemimpin yang memiliki visi. Visi ini yang menjadi dasar dari terciptanya graphical interface yang kemudian menjadi Microsoft software. Bill pernah mengatakn dalam salah satu wawancaranya, bahwa dia selalu tahu dia menginginkan lebih dari satu produk. Perusahaan berminat untuk mempekerjakan orang-orang yang mahir dalam software dan mengembangkan garis produk yang lengkap. Kemampuannya dalam membayangkan visinya juga melekat dalam tujuannya yang dermawan. Bill and Melinda Gates Foundation adalah salah satunya, tujuannya adalah untuk memusnahkan malaria. Dia sudah memiliki strategi tahap demi tahap dalam mewujudkan tujuannya, dan dengan visi yang jelas inilah orang-orang mudah mengikutinya sebagai pemimpin.

5. Teruslah berkembang

Gates tidak akan pernah membuat perusahaan Microsoft puas akan hasil kerjanya, bahkan setelah mendapatkan penghargaan sebagai Market Leader dan memiliki pendapatan milyaran. Gates menjadi terkenal dan dianggap legenda dengan terus menerus berkembang. Gates mengathui bahwa untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin, dia harus terus berkembang, bergerak dari pak software hingga ke web browser dan memberikan solusi-solusi baru bagi perusahaan.


"Kita selalu melebih-lebihkan perubahan yang akan terjadi dua tahun kedepan, dan meremahkan perubahan yang akan terjadi pada sepuluh tahun berikutnya. Jangan biarkan dirimu tenang hingga tidak dapat bertindak."
-Bill Gates



Salam hangat, Andi Muhammad Sunan Iftitah
Passion in Leadership, blogging, Psychology of Human Brain and Public Speaking
No. Hp: 081289345804
Id Line: @andisunan

Dikemas dari berbagai sumber:

https://www.entrepreneur.com/article/250607
http://www.centerforworklife.com/leadership-qualities-bill-gates/
http://www.leadershipgeeks.com/bill-gates-leadership/
http://www.biografiku.com/2009/01/biografi-bill-gates.html
http://banyumasnews.com/85384/tips-kepemimpinan-bill-gates-pencipta-windows-yang-tergerak-sesuai-hasratnya/
http://www.kompasiana.com/izzah1/gaya-kepemimpinan-bill-gates_5710f7125993735b0a0f3c3f


1 comment:

  1. Wah info bermanfaat.. Terima kasih ya ..
    Salam kenal..

    Salam,
    www.ngenetyuk.com

    ReplyDelete