Thursday 26 November 2015

Yuk, atur mindset kita!

Apa itu Mindset?

Mindset adalah pola pikir yang kita percayai dan kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari yang mempengaruhi pola kerja kita, singkatnya jika ingin mengerjakan kinerja dengan bagus, maka kalian harus punya pola pikir yang bagus juga.
Untuk menjadi orang yang berhasil seperti Josh Waitzkin, seorang juara I catur internasional. Kita tidak hanya sekedar selalu  bekerja keras dan teguh pendirian, tetapi juga harus memiliki mindset yang benar.

Di sini saya akan menjelaskan jenis-jenis mindset dan bagaimana mindset sangat berpengaruh dalam kehidupan kita :)






Secara umum, mindset manusia dibagi menjadi dua:

1. FIXED MINDSET

2. GROWTH MINDSET

Apasih Fixed Mindset dan Growth Mindset itu ??

Fixed Mindset adalah mindset dimana kita merasa bisa atau tidak menguasai dalam suatu hal, dipicu dari sikap dan sifat alami kita.

Growth Mindset adalah mindset dimana kita merasa semua orang bisa menguasai berbagai hal. 

Josh Waitzkin adalah seorang juara I catur internasional dan sekarang mendalami ilmu bela diri Thai Chi Cuan. Kenapa dia memilih mempelajari ilmu bela diri setelah menang dalam kejuaraan catur internasional ? Dia berfikir bahwa catur adalah permainan yang melatih otak, oleh karena itu Josh mulai berfikir untuk mendalami ilmu bela diri agar melatih fisik nya juga. Denagn usaha dan latihan yang keras Josh menang dalam kejuaraan ilmu bela diri dunia 2 kali.

Josh mengatakan bahwa dia sangat senang ketika dia kalah dalam pertandingan catur nasional pertamanya. Dia berfikir bahwa dia adalah orang yang pintar, spesial dan mampu mengalahkan siapapun dalam pertandingan catur nasional pertamanya. Dan dari sini, kita mengetahui bahwa Josh telah menanamkan Growth Mindset setelah kekalahan pertamanya di kejuaraan nasional. 

Orang-orang yang mempunyai Fixed mindset cenderung ingin terlihat pintar di depan orang banyak,seperti sikap Josh pada saat kejuaraan nasional pertamanya, dan sedangkan Growth Mindset cenderung untuk mempelajari ilmu lebih dalam.  Dalam Fixed Mindset, mereka terlalu fokus pada hasil, jika gagal maka mereka berfikir usaha mereka sia-sia. Growth Mindset terfokus pada proses, jadi hasil dari usaha itu tidak terlalu penting .

Dalam Fixed mindset pula cenderung berfikir bahwa mereka hebat, jadi tidak perlu bersusah payah berusaha dan mereka berfikir bahwa talenta adalah suatu anugerah. Dan Growth Mindset mempercayai bahwa skill/kemampuan di dapatkan dari latihan dan kemampuan itu dapat dikembangkan.



Contoh:
Fixed Mindset, kalian mempercayai:
"Dia itu sangat jago ya menari" atau "Ah percuma latihan terus, gw gabisa nari ujung-ujungnya"

Growth Mindset, kalian mempercayai:
" Semua orang bisa handal dalam bidangnya atau berbagai bidang. Kehandalan dilahirkan hanya  dari latihan."

Untuk lebih jelas dan detail, dibawah adalah perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset:

Fixed : Kepintaran adalah hal yang statis.
Growth : Kepintaran dapat dikembangkan.

Fixed : Menghindari tantangan.
Growth : Menerima tantangan.

Fixed : Menyerah dengan cepat.
Growth : Tidak gampang menyerah.

Fixed : Melihat usaha adalah sesuatu yang sia-sia atau hasilnya sementara.
Growth : Melihat usaha adalah jalan dalam penguasaan suatu bidang.

Fixed : Menghindari dari saran berguna yang dianggap negatif.
Growth : Mempelajari dari kesalahan dan dari kritikan orang lain.

Fixed : Merasa terancam melihat orang lain sukses.
Growth : Mencari ilmu dan inspirasi dari kesuksesan orang lain.

Nah sekarang apakah kalian sudah mengerti tentang jenis-jenis mindset dan pengaruhnya bagi kehidupan kita. Yang mana kah mindset mu ??



 



  



No comments:

Post a Comment