Friday 27 November 2015

5 Hal inilah yang memicu "Public Speaking Disease"

Kita semua memiliki kemampuan untuk berbicara sejak lahir.
Dari kemampuan itu dapat kita manifestasikan menjadi Public Speaking yang biasa Anda lihat di kehidupan Anda sehari-hari. Trainer, motivator, bahkan guru pun memiliki kemampuan Public Speaking.


Tapi dalam proses manifestasi itu pula, pasti ada saja masalah-masalah di jalan.
Dan "Demam Public Speaking" inilah yang menjadi penyebab utama masalah Anda dalam penguasaan Public Speaking. Apa saja sih yang menyebabkan "Demam Public Speaking" itu??

Berikut adalah 5 hal yang dapat menyebabkan anda "Demam Public Speaking" :


 


1. Tidak terbiasa dilihat oleh banyak orang, apalagi orang-orang yang belum dikenal


Secara singkat, bisa dibilang dengan gugup, ini adalah alasan yang paling mendasar bagi orang-orang yang takut Public Speaking. Ketika kita berdiri di depan banyak orang, adrenalin kita meningkat dan akan merangsang tubuh kita untuk melakukan salah satu di antara 2 hal yaitu, resist(melawan) atau run(kabur/lari). Solusi dari masalah ini adalah berlatihlah di depan audience sungguhan, misal meminta kerabat atau keluarga atau saudara untuk menjadi audience sebagai latihan.


2. Tidak menguasai materi yang akan diberikan


Nah, yang satu ini adalah hal lain yang harus diperhatikan. Jika ingin memberikan materi, jangan hanya baca dan hafalkan, tapi pahamilah materi yang akan Anda bawakan. Apabila Anda hanya menyampaikan tapi tidak mengerti apa yang disampaikan, maka Anda termasuk golongan Full Colour.

3. Tidak siap dalam menyampaikan

Hal ini adalah yang penting juga. Kita tidak akan pernah tahu kapan kita akan dipanggil ke lapangan untuk menyampaikan materi. Tetapkanlah sikap siap dalam mental dan fisik untuk kondisi dan keadaan apapun dalam Public Speaking, dengan terus dan teruslah berlatih. Atau, carilah mentor yang bisa membimbing Anda dalam Public Speaking.

4.  Takut akan gagal

Perasaan minder inilah yang memiliki potensi yang besar untuk membuat Anda takut akan Public Speaking. Stay positive dude, jika Anda berfikir "aku akan gagal nih/ waduh, gabisa nih gw" ubahlah menjadi "aku akan berusaha sebaik mungkin". Karena dalam dunia Public Speaking, janganlah mengincar kesempurnaan performa Anda tetapi incarlah seberapa jauh Anda berusaha.

5. Takut akan gagal karena tanggapan orang lain

Ini adalah faktor dari luar yang sangat berpengaruh bagi Anda. "Ah, elah udah menyerah aja lu! jangankan Public Speaking, baca buku aja masih gagap". Kata-kata seperti inilah yang membuat kita tidak yakin akan kemampuan sendiri. Guys, it is just someone's opinion, Okay? Itu hanya apa yang orang lain pikir, jangan sampai menyerah hanya karena orang lain mengolok-olok kemampuan mu, belum tentu mereka bisa lebih bagus dari performa mu. Daripada dijadikan olokan, bagaimana jika itu dijadikan sebuah introspeksi agar Anda bisa lebih baik lagi? Apakah Anda ingin menyerah berjalan hanya karena orang lain mendorong Anda?

No comments:

Post a Comment