Tuesday 26 January 2016

5 Tips membuat SlideShow yang menarik

60% kehidupan pembelajaran di sekolah, terutama SMA dan Mahasiswa diperbanyak oleh guru pendidik dengan presentasi. Dan bukan hanya pelajar saja yang mempunyai pembelajaran ilmu melalui presentasi, presentasi juga bisa berguna dalam dunia kerja. Apakah Anda pernah melakukan sebuah presentasi terhadap teman-teman anda? Jika pernah, apakah ada salah satu teman Anda yang terlelap, main Hp, ngobrol atau tidak memperhatikan presentasi Anda? Jika ada, mungkin salah satu penyebabnya adalah SlideShow Power Point yang Anda tampilkan. 

Saya mendapat ilmu sebagian besar dari postingan SlideShare dan web nya yang dimiliki oleh senior saya dalam Young Trainer Academy yang merupakan Fun English Trainer dan sebagian ilmu merupakan pengalaman saya. Senior saya  menekuni bidang seni SlideShow dan bahasa Inggris, www.aditriasmara.com . Anda bisa mengunjungi web beliau jika ingin belajar sedikit darinya.

Dan sekarang, saya akan menunjukkan kepada Anda tips-tips apa saja yang dapat diterapkan dalam membuat SlideShow yang menarik, inilah dia :

1. GUNAKAN KATA-KATA YANG SINGKAT DAN PADAT 

Jika materi SlideShownya menjelaskan atau menceritakan tentang sesuatu gunakanlah cara ini. Penggunaan kata-kata yang singkat dapat membuat mata tidak cepat lelah dan audience tidak capek membacanya serta penggunaan kata padat membantu audience memahami apa yang dibaca selagi kalimat dalam bentuk singkat.

2. JANGANLAH MENGGUNAKAN BACKGROUND DARI PPT OFFICE

Kesalahan ini lah yang mungkin sering kita lakukan, menggunakan background yang sudah ada. Janganlah memakai yang sudah tersedia di PowerPoint Office karena, background-background itu sangat sering dilihat dan membuat orang-orang yang melihatnya bosan. Bisa mengisi background SlideShow dengan mengambil gambar dari internet yang sesuai dengan materi yang akan diletakkan. Anda juga bisa berkreasi sendiri, seperti membuat background menggunakan shape-shape yang tersedia dan mengisi shape-shape itu dengan warna yang bervariasi.

3. ITU ADALAH POWERPOINT, BUKAN POWER KORAN 

Kata-kata itu selalu saya ingat yang telah dikatakan dari senior SMA saya. Jika akan menulis poin-poin nya saja, gunakanlah bulletin agar menandai poin-poin yang Anda gunakan. Saran saya, gunakanlah bulletin dalam pertengahan penampilan SlideShow bukan di awal presentasi. 

4. GUNAKANLAH FONT YANG UNIK

Menurut saya, penggunaan Font yang berbeda dari biasanya adalah hal yang tidak bisa dianggap sepele. Anda bisa menggunakan Font yang tidak disiapkan dalam PPT Office dan mendownload Font nya di 
 www.1001freefonts.com/kg_ten_thousand_reasons.font website inilah yang biasanya saya gunakan untuk menggunakan Font yang menarik dan juga unik.

5.   PERHATIKAN KONTRAS 

Inilah yang terakhir, perhatikan kontras. Maksudnya? Simpel, maksudnya adalah perhatikan kontras kata-kata dengan background yang digunakan. Jika background nya gelap, gunakanlah tulisan dengan warna terang dan sebaliknya.


No comments:

Post a Comment